Better Education for Indonesia


Magang Guru SMK Ke Australia (?)
Mei 12, 2008, 1:59 am
Filed under: Uncategorized
Yth. Pak Burhasman Kadisdik Prop. Sumbar
Pak Fekrynur, Bapak/Ibu guru SMK Se Sumbar
Member milist PGO semuanya…
 
Team guru MIPA se Sumbar akan berangkat magang ke Australia… ..
 
Saya sebagai bagian dari komunitas guru yang berada di Sumbar sangat senang dan gembira mengetahui hal ini. Begitu besar perhatian para perantau minang baik yang bertugas sebagai pengambil kebijakan yang berada di Jakarta maupun para perantau nan bakureh mancari hiduik di rantau urang atau labiah tapeknyo di luar negeri. 
Kita bisa berbangga dengan adanya program ini, yang diharapkan akan lebih memajukan pendidikan di Sumatera Barat yang pada masa lalu juga sudah terkenal dengan industri otaknya ini, walaupun pada masa sekarang ini sama-sama kita ketahui kejayaan masa lalu itu agak memudar. Ini kesempatan dan program yang sangat bagus untuk bisa mengambalikan apa yang pernah kita capai pada masa lalu itu, dan juga untuk mengejar ketinggalan pendidikan di daerah kita dengan apa yang telah dicapai di daerah seberang sana.
Pada masa sekarang Depdiknas sangat gencar membuat program yang berlabel SBI tepatnya Sekolah Berstandar Internasional. Hal ini tak akan pernah tercapai kalau kemampuan bahasa inggris para guru yang menjadi ujung tombak dalam pendidikan ini masih berada dibawah standar, malah ada sebahagian guru-guru kita kalau sudah menghadapi literatur maupoun buku yang berbahasa Inggris langsung seperti menjadi takut, bukunya langsung ditutup kembali lalu mencari buku-buku lain yang berbahasa Indonesia.
Bagaimana standar internasional akan tercapai kalau kondisinya seperti ini ???
Nah, langkah awal sudah dimulai melalui program memagangkan guru MIPA menuju Australia, tentunya kalau guru MIPA itu ditujukan untuk guru SMA seperti yang dapat kita ketahui asal tugas guru-guru yang akan berangkat ini.
 
Saya sebagai salah seorang guru yang bertugas di SMK Negeri 1 Bukittinggi, pada kesempatan ini  ikut menyampaikan semacam keinginan kepada para petinggi di Dinas Pendidikan Prop Sumbar, kalau program ini untuk kedepannya juga diikutkan para guru yang mengajar di SMK baik negeri maupun swasta. Sama-sama kita ketahui bahwa di SMK juga ada program SBI, dan sekolah kami SMKN 1 Bukittinggi saat ini termasuk dalam program tersebut. Dalam program SBI ini, disyaratkan ada mata diklat praktek yang diajarkan memakai bahasa pengantar bahasa Inggris. Dan juga ada diantara gurunya yang pernah magang di perusahaan asing atau magang di perusahaan luar negeri. Namun sampai saat ini belum ada seorangpun dari guru-gurunya yang pernah magang di luar negeri. Sampai saat ini yang sering bolak balik ke luar negeri adalah Kepala sekolah yang sudah beberapa kali bersama Kepala Sekolah lainnya ke Jepang dan negara lainnya yang saya ketahui lebih banyak tujuannya adalah untuk jalan-jalan, belum ada implementasi dari hasil kunjungan keluar negeri tersebut terhadap sekolah.
 
Pada kesempatan ini, saya mengharapkan ada program dari Dinas Pendidikan propinsi untuk memagangkan para guru SMK ke luar negeri, dan sebelumnya para guru-guru ini di beri pelatihan untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris mereka sampai bisa mencapai standar yang dibutuhkan agar mereka bisa berkomunikasi dengan orang luar memakai bahasa inggris tentunya. Dan sebaiknya diprioritaskan untuk sekolah-sekolah yang mendapat program SBI, gar program SBI ini dapat mencapai tujuan sebagaimana yang diharapkan.
 
Kepada Bapak/Ibu guru yang akan berangkat,  saya ucapkan selamat jalan semoga selamat pergi dan pulangnya, serta mendapatkan tambahan ilmu yang dapat meningkatkan kemampuan profesional Bapak/Ibu guru dalam meningkatkan mutu pendidikan  sekolah Bapak/ibu umumnya pendidikan di daerah kita Ranah Minang tentunya. Jangan lupa untuk berbagi pengalaman kepada rekan-rekan guru sekembalinya dari magang nanti.
 
 
 
Wassalam,
 
Drs. Zulkarnaini
Guru SMKN 1 Bukittinggi
ICT Center/ICT Dinas Pendidikan
Kota Bukittinggi
HP. 0813 6344 3035

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan komentar